Rabu, 05 Maret 2014

Kelas Scaphopoda Filum Mollusca

Mungkin agak susah nyari materi ini. Makanya waktu aku udah dapet aku mau berbagi. Semoga bermanfaat:) Saran? @intansilabn


Scaphopoda

Merupakan kelas dari filum Mollusca, dikenal dengan nama siput gading atau siput gigi. Anggota kelas ini dijumpai di laut. Dentalium vulgare adalah salah satu contoh kelas Scaphopoda. Disebut Dentalium karena bentuk cangkangnya menyerupai gigi-gigi (dentis).

Habitat Scaphopoda

Hidup dan membenamkan diri pada substrat pasir atau lumpur yang bersih di laut dangkal, beberapa spesies terdapat pada kedalaman 1.850 m.
Apabila berjalan di pantai perlu hati-hati karena hewan ini tumbuh di batu atau benda laut lainnya yang berbaris menyerupai taring. cangkangnya yang tajam dapat menusuk telapak kaki dan menyebabkan luka.

Struktur Tubuh Dentalium Sp

·        Morfologi : Terdiri dari cangkang(shell), kaki(foot), mulut(mouth), rongga mantel, tentakel(kaptakula), lidah(radula)
·        Anatomi : Terdiri dari kelenjar kelamin(gonad), kelenjar pencernaan(digestive gland), ginjal(kidney), lambung(stomach), anus,  ganglion pleural, ganglion serebral, ganglion pedal, gut(usus)

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ_zb0jRd17iiUT_6k5QQx5hvtd984QBi0wvI7DJVk5ugpk0DuG-wgbr33.jpg

Sistem Organ

·        Reproduksi
              Scaphopoda bereproduksi secara seksual. Fertilisasi dilakukan dengan cara eksternal. Telur dilepaskan secara terpisah dan sesudah stadium larva yang singkat hewan-hewan muda tenggelam di dasar laut.

·        Respirasi
              Dentalium vulgare tidak memiliki kepala dan ingsang oleh karena itu Sistem pernapasannya di bantu oleh mantel. Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan. Cairan tersebut merupakan lubang insang, lubang ekskresi, dan anus.

·        Sistem Saraf
              System sarafnya berupa tiga pasang simpul saraf (ganglion), yaitu ganglion sarebral, ganglion pleural, dan ganglion pedal. Ketiganya dihubungkan dengan serabut-serabut saraf. 
·        Sistem Pencernaan
              Terdiri atas mulut, kerongkongan yang pendek, lambung, usus, dan anus. Salurannya memanjang dari mulut hingga anus. Pada mulut ditemukan lidah bergerigi atau radula.

·        Sistem Ekskresi
              Alat ekskresi berupa ginjal yang dinamakan nefridium

Cara Reproduksi
           
Scaphopods memiliki jenis kelamin terpisah, masing-masing organ seksual saling terpisah pada individu lain dan fertilisasi eksternal. Mereka memiliki gonad tunggal menduduki banyak bagian posterior tubuh, dan menumpahkan gamet mereka ke dalam air melalui nefridium tersebut. 
Setelah dibuahi, telur menetas menjadi larva trochophore hidup bebas, yang berkembang menjadi larva veliger yang lebih mirip dengan dewasa, lalu larva-larva tersebut tenggelam di dasar laut dan berkembang menjadi dewasa.

Perbedaan Scaphopoda dengan Polyplacophora

Scaphopoda
Polyplacophora
Terdapat tentakel
Tidak terdapat tentakel
Terdapat ganglion yang jelas
Tidak terdapat ganglion yang jelas
Tidak terdapat ingsang
Terdapat insang
Berbentuk kerucut
Berbentuk bulat
Tubuh ditutupi cangkang
Tubuh ditutupi mantel dilapisi kitin
Tidak mempunyai jantung
Mempunyai jantung
Fertilisasi eksternal
Fertilisasi internal


Contoh Spesies

1.     Dentalium vulgare
2.     Dentalium endale
3.     Seymour scaphopoda









Peranan bagi manusia
·        Cangkangnya untuk perhiasan
Gambar disamping adalah anting yang terbuat
dari cangkang Dentalium Vulgare
·        Hiasan dinding
·        Benda keramat
·        Bahan mainan


  

4 komentar: