Kamis, 23 Januari 2014

Pembuktian Islam Masuk Ke Indonesia Pada Abad 7, 11, 13


1.    Bukti Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke-7 :

·        Seminar masuknya islam di Indonesia (Aceh) sebagian dasar adalah catatan perjalanan Al Mas’udi, yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera.
·        Seminar mengenai Masuknya Islam ke indonesia di medan pada Ahad 21-24 Syawal 1382 H (17-20 maret 1963 H) yang salah satu kesimpulannya adalah Islam telah masuk ke Indonesia langsung dari Arab.
·        Dari Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954), diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.
·        Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago, di dalamnya menjelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.
·        Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malaya-Indonesian Archipelago (1969), di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malay-Indo pada 672 M. Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.
·        Prof. S. M. Huseyn Nainar, dalam makalah ceramahnya berjudul Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia, menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.
·        W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources, menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Arab muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674).
·        T.W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith, menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M).
·        Pernyataan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 juga di dukung oleh teori mekkah, yaitu Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M.

2.   Bukti Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke-11:

·        Satu-satunya sumber ini adalah diketemukannya makam panjang di daerah Leran Manyar, Gresik, yaitu makam Fatimah Binti Maimun dan rombongannya. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq’ah yang berangka tahun (dimasehikan 1082)

3.  Bukti Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad Ke-13:

·        Catatan perjalanan Marcopolo, menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di Aceh, pada tahun 1292 M.
·        K.F.H. van Langen, berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M.
·        J.P. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten, menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13.
·        Beberapa sarjana barat seperti R.A Kern; C. Snouck Hurgronje; dan Schrieke, lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13.
·        Pendapat ini juga disampaikan oleh N.H. Krom dan Van Den Berg. Namun, pendapat islam masuk pada abad ke-13 ini memperoleh sanggahan dari : H. Agus Salim, M. Zainal Arifin Abbas, Sayeg Alwi bin Tahir Alhada, H.M Zainuddin, Hamka, Djuned Parinduri, T.W. Arnold yang berpendapat Islam masuk ke Indonesia telah dimulai sejak abad ke-7 M.

Pernyataan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad 13 juga di dukung oleh 2 teori yaitu :
·        Pertama, teori Gujarat. Islam dipercayai datang dari wilayah Gujarat – India melalui peran para pedagang India muslim pada sekitar abad ke-13 M.

·        Kedua, teori Persia. Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad ke-13 M.

35 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu belajar ku :-)

    BalasHapus
  2. Tugasku lancar oiii, juned

    BalasHapus
  3. Artikel macam apa ini !!!!????
    Ya menurut saya sih JELEK SEKALI!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf jika tidak bermanfaat.

      Hapus
    2. Yg suka kepo itu adalah kristen. Ga usah di gubris. Mrk itu marah krn islam adalah agama yg benar dan pertama di indonesia.

      Hapus
    3. Astaghfirullah. Artikelnya bagus kak. Jangan pedulikan omongan orang yg menghina artikel ini

      Hapus
    4. jangan salah sangka dulu sama kristen. Ga semuanya yang bilang gitu adalah orang kristen loh. kenapa merujuknya ke kristen dlu?? berarti, anda yang ngga suka sama orang kristen donk?? @Yayuk

      Hapus
    5. Menjawab anonim @yayuk. Karena kebanyakan orang yang suka menghina islam di dunia nyata itu orang kristen, jadi udah biasa kalo ada orang yang menghina islam lalu dikatain "kristen". @Haris

      Hapus
    6. ORG KEK GITU NYASAR KE SINI KALI YA
      GAUSAH DILADENIN KAK, MAKASIII KAK BERMANFAAT SEKALI ARTIKELNYA
      AKU MAU PAT MAPEL SEJARAH MEMBANTU BANGET

      Hapus
  4. kak, musik backgroundnya judulnya apa ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. afternoon talk - there's only one thing that u'ld know hihi

      Hapus
  5. kak judul lagunya apa sih,buat aku nyanyi akhir semester..kasih tau dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. afternoon talk - there's only one thing that u'ld know . maaf ya baru buka blog

      Hapus
  6. Nama Saya Alif,artikelnya sangat bermanfaat,tp tolong kasih referensi lagi yang merujuk ke topik bahasannya,so far sih membantu,terutama anak2 kuliahan yang nyari bahan buat pelajaran sejarah

    BalasHapus
  7. Buktinya apa masuk Islam ke indonesia kak? Pada abad 7 dan 13

    BalasHapus
  8. Wah makasih kak berguna sekali untuk tugas. Dan saya bukan beragama islam, tapi ayo saling menghargai sesama saja lah. Ada balasan komen diatas yang agak menyinggung tapi mau diapakan juga.

    BalasHapus
  9. suka banget sama desain blognya , apalagi ada musiknya segala , sukaaa :))) , btw isinya juga sangat membantu , makasih kak

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. mba', kalau bukti sejarah islam di abad" pertama ada ngga' ya..???, tahun 100an atau tahun yang lebih awal lagi..

    trim's.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam turun aja sekitar abad 5-6 masehi
      Sama-sama

      Hapus
  12. thank artikelnya sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Trimksh ya krn anakku jd terbantu dg artikel ini. Ttp smangatt menebar kebaikan.

    BalasHapus
  16. Artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi juga yah pensilbelajar.blogspot.com bsa saling berbagi hehe.

    BalasHapus
  17. blognya sangat membantuu,apalagi ada musiknya,judul musiknya apa ka?

    BalasHapus