Minggu, 01 September 2013

Idiophone



Idiophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran tubuh alat musik itu sendiri. Idiophone menghasilkan suara melalui getaran dari seluruh badan instrumen. Contoh alat musik yang menggunakan instrumen idiophone :
1.                   Idiophone Tradisional

a.                 Kolintang
Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan biasanya diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum. Kolintang merupakan bagian dari budaya gong Asia Tenggara, yang telah dimainkan selama berabad-abad di Kepulauan Melayu Timur - Filipina, Indonesia Timur, Malaysia Timur, Brunei, dan Timor.

kulintang_atau_kolintang.jpg

b.                  Angklung
Angklung
 adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan.




Benturan badan pipa bambu  menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

http://4.bp.blogspot.com/-hstpfvSA77M/UDNnQ6_qu7I/AAAAAAAAADs/PGU1Hd3sH_Q/s200/angklung.jpg

c.                 Bonang
Bonang adalah alat musik yang digunakan dalam gamelan Jawa. Bonang sering disebut kumpulan gong kecil (kadang-kadang disebut “ceret” atau “pot”) gong-gong kecil tersebut ditempatkan secara horizontal ke string dalam bingkai kayu (rancak), baik satu atau dua baris lebar. Bonang dimainkan dengan cara di pukul.

http://4.bp.blogspot.com/-2JuVuYwgVO4/UDNnuVPJVDI/AAAAAAAAAD0/nPHuYTwv9H0/s200/9873gamelanbonangbarungportraitwithoutmalletsLG.jpg

d.                  Saron
Saron
 atau yang biasanya disebut juga ricik, adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan.Dalam satu set gamelan biasanya mempunyai 4 saron, dan semuanya memiliki versi pelog dan slendro.
Saron menghasilkan nada satu oktaf lebih
tinggi daripada demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil. Tabuh saron biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu.
Dalam memainkan saron, tangan kanan memukul wilahan / lembaran logam dengan tabuh, lalu tangan kiri memencet wilahan yang dipukul sebelumnya untuk menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya. Teknik ini disebut memathet (kata dasar: pathet = pencet)

http://2.bp.blogspot.com/-lMSQLNZGX-w/UDNpI8NVSKI/AAAAAAAAAD8/h1YrMeWCpD4/s200/9910SaronpanerusportraitLG.jpg

e.                  Marakas
Marakas
 adalah salah satu jenis alat musik
di Amerika Latin. Secara tradisional alat ini
dibuat dengan labu kering dan isinya adalah biji-bijian labu kering juga, memainkannya dengan cara menggoyangkan-goyangkannya sesuai dengan irama musik.

http://3.bp.blogspot.com/-VXWV44Psuk4/UDNp849wVgI/AAAAAAAAAEE/59qXrZa30k8/s200/marakas.jpg



f.                    Gong 
Gong
 merupakan sebuah alat musik yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Alat musik besar yang terbuat dari lempengan perunggu keemasan ini dimainkan dengan cara dipukul.

http://tekstovi-pesama.com/g_img2/0/g/398546/gong-5.jpg


2.                   Idiophone Modern

a.                   Glockenspiel
Glockenspiel
 ini mirip seperti gamelan, namun mirip juga dengan kulintang di Indonesia. Alat ini pada dasarnya adalah sebuah xylophone yang terbuat dengan baja metal.

http://2.bp.blogspot.com/-l-bJKF_l41k/UDOsRvH0iPI/AAAAAAAAAKc/JDB3diwruRo/s200/lrgscaleTDP4030_3.jpg

b.                  Triangle
Alat musik ini terbuat dari logam, ada yang terbuat dari baja, ataupun jenis logam yang lainnya seperti tembaga. Pada bagian sudut alat musik triangle (segitiga) terdapat sebuah lubang (atau dalam bentuk lainnya) dimana seutas tali (konon dahulu kala tali ini terbuat dari usus binatang, tapi dalam perkembangannya sudah dalam bentuk yang lainnya misalnya; dari kawat atau nilon) sebagai pegangan pemain alat musik tersebut.  Biasanya triangle dimainkan dengan cara dipukul di sisi luar. Namun dalam irama musik yang membutuhkan perubahan cepat, maka pukulan dilakukan di sisi bagian dalam sehingga akan menghasilkan suara yang semakin keras.

triangle.jpg

c.                   Drum
Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum dimikan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik.

http://www.gvmusik.com/wp-content/uploads/2013/05/drum.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar